Home General 5 Makanan Ringan yang Cocok Jadi Teman Aktivitas Sehari-hari

5 Makanan Ringan yang Cocok Jadi Teman Aktivitas Sehari-hari

by Erin Nuzulia

Selain kaya akan budaya, negara kita juga terkenal dengan kekayaan kulinernya. Mengkonsumsi makanan ringan memang sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Budaya ngemil tersebut terkadang bukan hanya menjadi menu pengganjal perut, bahkan terkadang sering juga dijadikan teman untuk mengisi waktu luang.

5 Makanan Ringan yang Cocok Jadi Teman Aktivitas Sehari-hari

Berikut adalah beberapa makanan ringan yang cocok untuk menemani berbagai aktivitas sehari-hari kita

Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan tidak hanya cocok untuk dijadikan teman menonton pertandingan sepakbola. Jenis kacang-kacangan seperti kacang kulit atau mete juga cocok untuk dikonsumsi ketika sedang bekerja yang menuntut kita untuk tetap fokus berjam-jam di depan layar. Kandungan antioksidan serta vitamin E yang tinggi dapat membantu penurunan kognitif otak manusia. Ditambah lagi asam amino dan minyak esensial yang ada pada kacang-kacangan juga dapat meningkatkan fokus kita.

Pisang Goreng

Seiring perkembangan zaman, inovasi makanan ringan juga ikut berkembang. Pisang merupakan salah satu makanan yang ikut mengalami inovasi tersebut. Pada awalnya mungkin pisang hanya disajikan secara mentah, kemudian digoreng atau dibakar. Bahkan, sekarang buah pisang sudah bisa dijadikan nugget. Meskipun begitu, pisang goreng tetap menjadi salah satu makanan ringan yang paling populer di Indonesia.

Pisang goreng sangat cocok jika disandingkan dengan kopi panas—apa lagi diminum ketika senja. Tapi siapa sangka jika ternyata pisang goreng dapat meningkatkan konsentrasi karena mengandung banyak serotin, dopamine, dan norepinephrine. Jika kalian sedang belajar untuk menghadapi ujian yang membutuhkan kerja memori otak, kandungan vitamin C dan potassium yang ada pada buah pisang dapat membantu memperkuat daya ingat kita.

Singkong Goreng

Bagi anda yang hobi maraton nonton film selama berjam-jam, anda harus tetap ingat bahwa tubuh anda butuh asupan. Berbagai olahan singkong mungkin dapat menjadi solusi, seperti singkong goreng misalnya. Meskipun masih tergolong ke dalam jenis makanan ringan, nyatanya singkong mengandung banyak karbohidrat yang menjadi sumber energi. Manfaat renovit serta ester c yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cocok untuk menemani aktivitas maraton film anda seharian.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik

Pada zaman dulu barang kali singkong merupakan makanan rakyat kecil. Akan tetapi, dengan cara berbisnis makanan ringan yang tepat, olahan singkong dapat menjadi komoditas yang menjanjikan omzet besar. Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, singkong juga ternyata juga menjanjikan untuk dijual. Jangan salah, sekarang sudah banyak juga pengusaha makanan ringan olahan singkong yang pendapatan perbulannya sudah melebihi manajer perusahan besar, lho!

Kembang Tahu

Pada saat musim penghujan, kita seringkali harus membatalkan agenda kita atau sekadar menundanya sampai hujan reda. Di cuaca dingin seperti itu, seporsi kembang tahu hangat sangat cocok untuk menemani kita sambil menunggu hujan berlalu. Makanan yang berasal dari Semarang ini juga dikenal dengan sebutan wedang tahu. Bahan baku utamanya adalah saripati kacang kedelai yang diolah sampai menyerupai tekstur puding. Biasanya disajikan dengan campuran kuah gula merah dan jahe yang menghangatkan.

Serabi

Serabi  merupakan makanan ringan tradisional khas Jawa Barat, khususnya Bandung. Cemilan ini terbuat dari olahan santan yang biasanya dimasak di atas tungku kayu. Serabi biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula merah yang dicairkan. Tapi, sekarang banyak juga yang menyajikan serabi dengan tambahan macam-macam toping seperti cokelat, keju, hingga durian.

Itu dia beberapa makanan ringan yang cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai aktivitas. Selamat menikmati!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More