Home Food 6 Olahan Makanan Berbahan Dasar Tepung Tapioka

6 Olahan Makanan Berbahan Dasar Tepung Tapioka

by Erin Nuzulia
Kegunaan Tepung Tapioka

Di negara yang memiliki kekayaan kuliner seperti Indonesia ini, terdapat banyak sekali olahan makanan yang menggunakan tepung sebagai bahan olahan. Kita mengenal setidaknya tiga tepung yang paling sering digunakan, tepung terigu, tepung maizena, dan tepung tapioka. Tepung terigu terbuat dari biji gandum. Tepung  maizena terbuat dari jagung, seperti namanya maize yang berarti jagung dalam bahasa Inggris. Terakhir adalah tepung tapioka yang terbuat dari singkong. Tepung tapioka sering juga dikenal dengan tepung kanji atau aci jika di daerah Jawa Barat.

Tepung tapioka biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan bakso dan somay. Fungsi dari tepung ini adalah merekatkan serta memberikan tekstur kenyal pada makanan. Ketahui info menarik seputar tepung tapioka dengan membuka tautan berikut ini https://review.bukalapak.com/food/perbedaan-tepung-sagu-tapioka-111646.

6 Olahan Makanan Berbahan Dasar Tepung Tapioka

Cireng

Makanan yang tergolong dalam famili gorengaan ini asalnya dari Jawa Barat. Nama cireng sendiri berasal dari bahan dan cara pembuatannya yaitu aci digoreng alias cireng. Berbahan dasar seratus persen tepung tapioka yang ditambahkan sedikit garam dan irisan bawang putih. Ada juga yang menambahkan daun bawang atau seledri ke dalam adonan.

Makanan ini cocok untuk dijadikan teman minum kopi. Apalagi jika disantap selagi hangat.

Tahu Aci

Makanan yang ini juga termasuk kategori gorengan. Terbuat dari bahan dasar tahu. Mirip seperti tahu bakso, hanya saja tahu aci diisi oleh Aci atau tepung tapioka. Tahu aci dapat disandingkan dengan nasi untuk menjadi lauk. Bisa juga dimakan langsung dengan cocolan kecap manis yang diberi irisan cabai.

Kue Lapis

Jajanan yang satu ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Sering juga ditemukan di acara-acara seperti arisan. Disebut kue lapis karena kue ini memiliki dua warna yang disusun bergantian sehingga terlihat seperti lapisan. Tekstur kenyal yang dihasilkan tepung kanji serta wangi pandan yang khas menjadi ciri dari kue ini.

Baca Juga:  Manfaat Kantung Bekas pada Teh Celup untuk Kulit dan Kecantikanmu

Pempek Palembang

Yap! Seperti namanya, makanan yang satu ini merupakan khas kota Palembang. Makanan ini berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka. Biasa disajikan dengan semacam saus cuka. Pempek senidiri memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah pempek lenjer yang berbentuk seperti tabung memanjang dan pempek kapal selam yang berbentuk menyerupai kapal selam yang di dalamnya berisi telur ayam.

Cilok

Satu lagi makanan berbahan dasar aci asal Jawa Barat, cilok. Seperti cireng, makanan ini berbahan dasar seratus persen aci yang adonannya dibentuk bulat-bulat seperti bakso berukuran kecil. Hanya saja, cara membuatnya tidak digoreng, melainkan direbus. Disebut cilok atau aci dicolok karena cara memakannya dicolok menggunakan stik kecil panjang seperti lidi. Biasa disajikan dengan bumbu kacang plus kecap dan saus sambal.

Somay

Terakhir ada somay. Meskipun bukan berasal dari Indonesia, makanan yang satu ini sangat populer di sini. Mungkin sebagian dari kita ada yang beranggapan bahwa somay berasal dari Bandung karena banyak pedangan somay yang menempelkan stiker “Somay Bandung” di gerobak dagangannya. Somay merupakan makanan khas yang berasal dari negara Mongolia. Akan tetapi, kita tidak akan kesulitan untuk mencari orang yang menjual somay.

Makanan ini berbahan dasar mirip seperti pempek, yaitu ikan tenggiri dan tepung tapioka. Hanya saja cara memasaknya tidak digoreng melainkan direbus. Somay biasa disajikan dengan bumbu kacang. Sering juga disajikan bersama dengan kentang, kol, dan pare.

Betapa banyak Kegunaan tepung tapioka. Itu dia beberapa olahan makanan dari tepung tapioka. Selamat menikmati!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More