Home Kesehatan Mengalami Gangguan Tidur? Coba Obat Tidur Berikut Ini!

Mengalami Gangguan Tidur? Coba Obat Tidur Berikut Ini!

by Erin Nuzulia


Jika kita mengalami gangguan tidur, tentu sangat mengganggu. Tubuh menjadi terasa tidak nyaman dan lesu. Tidak hanya itu,kurang tidur juga meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan. Idealnya, orang dewasa tidur cukup selama 7-9 jam tiap hari. Bila sering tidur kurang dari jam tersebut, bukan tidak mungkin jika akan jatuh sakit. Untuk mengatasi gangguan tidur ini, ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat tidur. Obat tidur ini tidak melulu berbahan kimia. Ada pula obat tidur dengan bahan alami. Ada baiknya jika Anda mencoba untuk cara alami sebelum mengonsumsi obat kimia. Berikut adalah beberapa cara agar gangguan tidur Anda dapat diatasi


Susu
Seperti anak kecil yang sering mengonsumsi susu sebelum tidur, susu dipercaya bisa menjadi obat tidur alami bagi orang dewasa sekali pun. Dengan kondisi perut yang sudah kenyang, biasanya memang akan jadi lebih mudah tertidur. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi susu hangat sebelum tidur.Namun pastikan jika Anda tidak lupa menggosok gigi sebelum tidur agar gula yang terdapat di susu tidak menjadi pencetus gigi berlubang. Anda juga bisa memilih susu yang tanpa gula agar lebih sehat.


Aroma Terapi
Dengan menggunakan bantuan dari aroma terapi, diharapkan Anda akan menjadi lebih rileks. Perasaan rileks ini yang membuat Anda bisa jatuh tertidur. Varian aroma yang disarankan untuk merangsang tidur adalah wangi bunga lavender. Wanginya yang lembut diharapkan dapat membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Cara penggunaannya beragam, mulai dari berbentuk lilin ataupun yang saat ini banyak berbentuk oil essence.


Rimpang
Rimpang banyak terdapat di Indonesia dan banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Siapa yang sangka kalau rimpang juga bisa berguna untuk jadi obat tidur alami? Ya, salah satu rimpang yang bisa digunakan untuk obat tidur adalah kunyit. Kunyit diyakini bisa mengurangi radang, menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan imunitas tubuh dan melancarkan pencernaan. Cara mengonsumsinya pun mudah. Anda bisa merebus kunyit dengan tambahan cengkeh atau kayu manis. Setelah itu, biarkan agak mendingin dan berikan madu sebagai pemanis. Dengan konsumsi minuman ini secara rutin, diharapkan gangguan tidur tidak akan datang lagi.

Baca Juga:  Tips Mendapatkan Makanan Bergizi Saat Makan di Luar Rumah


Lelap
Rekomendasi obat tidur selanjutnya adalah Lelap. Meski berbentuk kaplet dan diproduksi oleh perusahaan farmasi, Lelap terbuat dari bahan alami. Kandungan bahan alami yang terdapat dalam Lelap antara lain ekstrak Valerianae Radix, Myristicae Semen, Eleuthroginseng Radix, dan Polygalae Radix. Semua bahan alami tersebut efektif untuk meredakan gangguan tidur. Ada banyak toko dan apotek yang jual obat tidur ini. Harganya pun relatif terjangkau.


Cara di atas akan lebih efektif jika diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat. Gaya hidup yang lebih sehat dan minim gangguan tidur dapat tercipta dengan beberapa hal. Misalnya tidak merokok, perbanyak minum air putih, dan juga rutin berolahraga. Selain itu, ada baiknya untuk mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, misalnya mengurangi asupan gula, kafein dan minuman alkohol. Satu hal lagi, Anda harus bisa mengelola stres dengan baik, bisa dimulai dengan meditasi, beribadah atau pun melakukan yoga. Terakhir, Anda harus menciptakan suasana tidur yang nyaman, sehingga Anda pun lebih mudah jatuh tertidur. Hindari bermain ponsel hingga larut malam. Namun demikian, jika keluhan susah tidur Anda masih terus berlanjut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More