Home Gadget Review dan Harga Samsung A20 2020: Paket Lengkap Ekonomis yang Selalu Eksis

Review dan Harga Samsung A20 2020: Paket Lengkap Ekonomis yang Selalu Eksis

by Erin Nuzulia

Tidak cukup puas dengan kesuksesan besarnya di lini S yang diperuntukkan kelas high-end, Samsung nampaknya ingin ikut berjibaku di segmen mid-level melalui A-Series, yang merupakan lini produksi khusus untuk peningkatan performa dan update fitur terbaru, namun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Begitu pula dengan hadirnya Samsung Galaxy A20 yang dirilis April 2019 lalu. Dengan harga Samsung Galaxy A20 yang tidak lebih dari dari 2,3 juta ini, gawai besutan negara Korea digadang-gadang akan segera menguasai pasar kelas menengah di Indonesia.

Lalu, mengingat Samsung yang terbiasa memproduksi gawai kelas wahid dengan harga selangit, bagaimanakah kualitas Samsung Galaxy A20? Apakah smartphone ini benar-benar layak diperhitungkan di tahun 2020? Untuk menjawabnya, coba simak review lengkap Samsung Galaxy A20 berikut!

Spesifikasi Lengkap

  • 6.4 inches Super AMOLED 16M colors, 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~268 ppi density), Corning Gorilla Glass 3
  • Dual SIM dual standby (Nano-Sim)
  • Chipset Exynos 7884 (14 nm), CPU Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G71 MP2
  • 3GB RAM type eMMC 5.1, 32GB ROM expendable microSD card up to 526GB
  • Dimension 158.4 x 74.7 x 7.8 mm, berat 169 gram
  • Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh dengan Fast Charging 15 watt
  • Kamera utama dual camera 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF + 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) with flash dan Kamera selfie 8 MP, f/2.0
  • Fitur Fingerprint, USB type-C, USB OTG, 3.5mm Jack audio
  • Ketersedian warna: Black, Deep Blue, Red, Coral Orange, Gold

Kelebihan

Tidak diragukan lagi, kelebihan utama Samasung Galaxy A20 adalah paket lengkap dengan harganya yang sangat terjangkau di kisaran 2juta rupiah saja. Namun, tentu saja terdapat poin lain yang perlu dipertimbngkan, diantaranya:

  • Desain Elegan
Baca Juga:  Mau Beli HP Android Murah? Periksa Lagi Beberapa Hal Ini

Membawa nama besar Samsung, produk Galaxy A20 seakan-akan ingin menunjukkan ke pasar bahwa Ia bukan-lah gawai murahan. Hal tersebut tampak berhasil dicitrakan Samsung dengan desain bodi belakang yang terbuat dari kombinasi bahan plastik berlapis kaca yangterkesan premim. Samsung menyebut desain ini sebagai 3D Glasstic design.

  • Layar Tajam dan Cerah

Menggunakan desain Infinity-V Display dengan trademark poni tipisnya, layar Samsung Galaxy A20 sudah menggunakan teknologi AMOLED andalan Samsung yang dapat menghasilkan resolusi hingga HD+ dengan 720 x 1560 piksel dan rasio 19.5:9 yang dirasa cukup kekinian. Perlu diketahui bahwa layar berteknologi AMOLED sendiri cukup mahal dan biasa ditemukan di gawai premium.

  • Baterai Besar

Memiliki bodi yang cukup besar dimanfaatkan Samsung dengan menyematkan baterai dengan kapasitas raksasa di kelasnya. Tak tanggung-tanggung, baterai dengan jenis Li-Po berkapaitas 4000 mAh hadir pada Samasung Galaxy A20 untuk memenuhi kebutuhan multimedia dan penggunaan sehari-hari. Menariknya, gawai ini sudah support Fast Charging yang memungkinkan isi penuh daya hanya dalam waktu 2 jam saja.

  • Kamera Berkelas

Meskipun teknologi dual camera yang dimiliki Samsung hanya ditopang kamera berukuran 13 dan 5MP, namun A.I. yang disematkan pada gawai ini mampu menghasilkan jepretan yang bebas noise meski pada kondis yang rendah pencahayaan. Selain itu, hadirnya kamera selfie sebesar 8MP yang dipadukan dengan fitur Live Focus yang biasa ada di seires S dapat menghasilkan efek bokeh berkualitas.

Kekurangan

Cukup sulit mencari kekurangan pada gawai yang dijual dengan harga murah. Namun jika ingin membahasnya, mungkin kehadiran Chipset Exynos 7884 yang memiliki nilai AnTuTu hanya dikisaran 88 ribu. Dibandingkan dengan Xiaomi di harga yang sama, mampu mencetak AnTuTu sekitar 100 ribu. Namun, sebenarnya nilai AnTuTu tidak bisa dijadikan patokan utama untuk performa sebuah smartphone. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh Samasung Galaxy A20 yang notabene mampu mengeksekusi game sekelas PUBG atau Mobile Legends dengan sangat baik dan smooth. Terlebih dengan ketajaman layar AMOLED dan baterai besarnya, kekurangan poin benchmark terasa tidak terlalu berpengaruh

Baca Juga:  Oppo R17 Pro di 2020: Review dan Harga Terbaik

Harga

Sektor harga menjadi pembeda gawai ini dengan produk Samsung yang lain. Bayangkan, hanya dengan Rp 2.250.000,- kamu sudah bisa menikmati gawai dengan OS terbaru, berlayar AMOLED, kamera ganda, baterai awet, Port USB sudah tipe C, prosesor anti lag, dan paket lengkap lainnya. Untuk harga terbaru Samsung Galaxy A20, coba cek https://www.bukalapak.com/trend/samsung-a20 sekarang juga!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More