makanan penambah darah 3

10 Jenis Makanan Penambah Darah

Kamu sering pusing atau cepat lelah? Bisa jadi kamu anemia. Anemia adalah kondisi sel darah merah atau hemoglobin di bawah normal. Kondisi hemoglobin (HB) di bawah normal ini akan mengakibatkan sirkulasi oksigen terhambat sehingga mengakibatkan kepala menjadi pusing dan tubuh menjadi kelelahan. Untuk menambah jumlah sel darahmu, ada beberapa makanan penambah darah yang bisa membantu mengatasi masalah dalam tubuhmu.

Berikut ini beberapa makanan penambah darah yang bisa kamu konsumsi sehari-hari

10 Jenis Makanan Penambah Darah

1. Daging

Daging merupakan makanan yang mempunyai sumber besi dan protein tinggi yang sangat bagus untuk penderita anemia. Jenis daging merah sendiri juga terbukti mengatasi masalah anemia karena mengandung B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sum-sum tulang belakang yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah. Namun penderita anemia tidak dianjurkan mengonsumsi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Kurma

makanan penambah darah 3

Buah yang banyak dihasilkan di Arab Saudi ini mengandung zat besi, tembaga, serat, protein dan vitamin B6 yang bagus untuk memulihkan kondisi anemia. Penderita anemia bisa mengonsumsi 2 sendok kurma setiap hari agar stamina tubuh tetap optimal.

3. Alpukat

Buah yang sering dibuat jus ini mengandung mineral dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan HB darah. Buah ini juga bisa dikonsumsi untuk mencegah masalah kolesterol dan  penyakit jantung karena kandungan  lemak jenuhnya.

4. Tahu

Makanan yang dihasilkan dari ampas kedelai ini mengandung tiamin, magnesium dan kalsium. Kandungan kalsium pada tahu bekerja untuk meningkatkan produksi HB darah. Selain itu, tahu juga mempunyai kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk menurunkan risiko osteoporosis.

5. Daun Singkong

Siapa yang suka sayur hijau dan banyak manfaat ini? sayur singkong ini mengandung zat besi, fosfor, vitamin C dan vitamin B 1 yang bisa memulihkan anemia. Selain harganya yang terjangkau, kamu bisa menanam daun singkong dengan mudah untuk mengatasi masalah anemiamu.

6. Minyak Zaitun

Untuk mencegah anemia, kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun yang dicampur dengan makanan lain. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang melindungi membran sel darah merah dari kerusakan oksidatif sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

7. Kacang Hijau

Makan sumber protein nabati ini juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencegah terjadinya anemia. Kacang hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal besar serta membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah HB dalam darah.

8. Cokelat

Siapa yang tidak suka coklat, mau di makan batangan ataupun cair pasti enak. Cokelat juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk penambahan sel darah merah. Dalam 100 gr cokelat sendiri mengandung besar 17 mg zat besi.

9. Jambu Biji

Makanan untuk penderita anemia selanjutnya adalah jambu biji. Buah ini sering disajikan dalam bentuk jus ataupun rujak buah. Jambu biji ini juga mengandung zat besi yang bisa meningkatkan kadar HB darah. Selain itu, jambu biji mengandung vitamin C yang bagus untuk menjaga stamina tubuh.

10. Bayam

Sayur bayam memang sayuran kaya akan manfaat. Sayuran ini mengandung zat besi dan vitamin C yang dapat meningkatkan kadar HB darah. Harga yang terjangkau dan kemudahan penanaman sayur bisa membuat penderita anemia dengan mudah mengatasi kekurangan sel darah merahnya.

Nah, banyak kan jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah. Tetap jaga kesehatan ya.