Resep Bihun Goreng Untuk Sajian Cepat Bersama Keluarga!

Ada yang tak suka bihun? Jika ya, mungkin kamu perlu mencoba untuk membuat bihun goreng. Ya, bihun yang biasanya berkuah karena untuk campuran atau bahan pelengkap bakso, kini bisa dibuat versi keringnya dengan dijadikan masakan bihun goreng. Selain enak karena rasanya adalah manis dan gurih, bihun goreng juga jadi salah satu hidangan yang cepat dalam cara membuatnya.

Untuk membuat bihun goreng, kamu harus menyiapkan bihun jagung terlebih dahulu. Selain bihun jagung, kamu juga bisa menggunakan bihun yang terbuat dari tepung besar jikalau nantinya tidak menemukan bihun jagung ya!

bihun goreng

Nah jika kamu sudah penasaran dengan cara membuat bihun goreng enak, yuk simak ulasannya berikut ini!

  • Menyiapkan bahan masakan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu mulai menyiapkan bahan masakan bihun goreng. Adapun bahan-bahan yang disiapkan antara lain adalah 1 bungkus bihun jagung, 1 ikat sawi hijau dan langsung potong-potong sesuai selera, 5 lembar kol atau wortel iris kasar, 1 buah tangkai daun bawang atau seledri yang diris tipis-tipis. Disini kamu harus merendam bihun jagung dengan air panas terlebih dahulu agar matang dan mengembang sehingga nantinya bisa langsung dimasak.

bihun goreng 1

Bahan berikutnya adalah 1 ons udang kupas, 10 buah bakso potong bulat, 2 buah telur, kecap manis, saus tiram, kaldu bubuk dan 1 sendok makan minyak wijen. Untuk telurnya sendiri, kamu harus terlbeih dulu membuat telur orak-arik ya. Hal ini dimaksudkan agar saat proses memasak bihun goreng, kamu tingga menambahkan bahan-bahan pelengkap tersebut kedalamnya tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu.

  • Menyiapkan bumbu halus

Setelah menyiapkan bahan masakan, yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah 3 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 buah cabe rawit merah, 1 buah kemiri dan garam secukupnya. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga tak terasa serat-seratnya lalu sisihkan.

  • Cara membuat

Adapun cara buat bihun goreng antara lain adalah, kamu harus menumis bumbu halus hingga harum dan matang sambil diaduk-aduk perlahan. Setelah itu, masukkan udang, bakso bulat yang telah dipotong-potong dan telur orak-arik.

Selanjutnya, masukkan sayur-sayuran ke dalam tumisan dimana sayur-sayuran tersebut adalah sawi hijau, kol atau wortel yang telah diiris kasar. Masukkan pula potongan cabai rawit ke dalam tumisan tersebut.

Setelah itu masukkan bihun yang sebelumnya telah direndam dengan air panas dan sudah empuk lalu aduk-aduk dengan bahan pelengkap dan sayuran yang telah lebih dulu dimasukkan. Tambahkan gula, garam, saus tiram, kaldu bubuk dan minyak wijen ke dalamnya.

Cek rasa bihun goreng sambil diaduk perlahan. Jika ada yang kurang, kamu bisa menambahkan gula atau garam secukupnya. Jika dinilai sudah pas dan enak, matikan api di kompor lalu sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan ternyata untuk membuat bihun goreng? Selain itu, waktu pengerjaan dari masakan ini rata-rata adalah hanya berkisar di 20 menit bahkan kurang. Selain cepat, resep bihun goreng ini mungkin akan langsung disukai oleh seluruh anggota keluarga bahkan yang dulunya tak suka bihun. Hal ini karena bihun goreng merupakan paket komplit dari karbohidrat, protein dan mineral, yang kesemua bahannya merepresentasikan kandungan tersebut. Bihun sendiri merupakan karbohidrat karena berasal dari jagung. Sedangkan telur dan udang adalah protein, dan sayuran adalah sumber alami dari mineral.