Dulu Pengguna Tcash? Berikut Serba-Serbi E-Money yang Sekarang Ganti Nama Jadi LinkAja

Aplikasi Tcash
Tcash adalah

Maraknya kampanye penggunaan uang elektronik terjadi di mana-mana. Berbagai platform bermunculan untuk mengakomodasi publik mengubah uang fisik menjadi uang elektronik. Mari sebut saja OVO, Dana, Gopay, M-banking, dan masih banyak lagi. Di tengah kepungan dompet elektronik yang dijajakan pada masyarakat, ada satu yang platform uang elektronik dari Telkomsel yang mungkin jarang terdengar. Itulah Tcash, uang elektronik dari provider telekomunikasi yang bisa dibilang merupakan pelopor penggunaan e-money.

Jadi, apa itu Tcash? Tcash adalah layanan uang elektronik salah satu produk dari Telkomsel untuk penggunanya yang pertama kali rilis pada tahun 2007. Layanan ini dapat digunakan seperti rekening bank dan menariknya sangat fleksibel juga tanpa adanya bunga. Tcash dapat digunakan untuk transfer ke Bayar dengan Tap, Bayar Beli di HP, Berbagi Uang, dan belanja online. Dalam hal regulasi, Tcash juga telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia untuk menjalankan bisnis uang elektronik di Indonesia.

Salah satu produk yang membuat popularitas Tcash meningkat adalah stiker Tcash Tap yang dirilis pada tahun 2015. Teknologi NFC sangat memudahkan konsumen untuk melakukan berbagai transaksi. Dengan produk ini, pembayaran hanya dilakukan melalui tap stiker ke mesin EDC penjual, dengan catatan penjual tersebut sudah terdaftar dan menerima pembayaran melalui Tcash.

Apabila kamu merupakan anak muda yang hidup pada tahun ketika produk itu populer, kamu akan akrab dengan stiker berbentuk bulat di belakang handponemu atau kawan-kawanmu. Biasanya, Tcash Tap dapat digunakan untuk membeli tiket bioskop, makan di gerai-gerai makanan, sampai belanja di minimarket. Cukup tempelkan bagian belakang handphone, transaksimu sudah terpenuhi.

Sebagai produk yang dirilis oleh perusahaan telekomunikasi jaringan Telkomsel, pemakai layanan Tcash tentu saja pengguna provider Telkomsel. Dengan berbagai fitur yang ada, Tcash telah membuat Telkomsel jadi semakin unik. Ditambah lagi, pada beberapa kasus, uang elektronik Tcash juga dapat diubah menjadi bentuk fisik. Hal ini, tentu sangat memanjakan pengguna Tcash yang kebetulan memerlukan uang cash. Cukup menginstall  Aplikasi Tcash, pengguna dapat menggunakan aneka macam fitur yang akan memudahkan transaksi di kehidupan sehari-hari.

Sampai pada tahun 2017, Tcash berhasil bekerja sama dengan 13 juta konsumen Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk ini juga telah bekerja sama dengan 530 perusahaan besar di Indonesia. Ditambah lagi, Tcash telah bekerja sama dengan 50 ribu peniaga yang menggunakan fitur Tcash dalam sistem pembayarannya.

Aplikasi Tcash

Sampai kemudian pada tahun 2019, Telkomsel sebagai anggota dari Badan Usaha Milik Negara, bersama anggota lainnya, mendirikan Fintek Karya Nusantara (Finarya). Anggota BUMN lainnya itu seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina, Asuransi Jiwasraya, dan Danareksa. Seluruh perusahaan tersebut mengintegrasikan layanan uang elektroniknya ke dalam sebuah platform bernama LinkAja.

Perlu kamu tahu, LinkAja yang biasa ditemui misalnya di ATM terdekat, pertama kali beroperasi pada tanggal 21 Februari 2019. Platform tersebut mendapat lisensi resmi dari Bank Indonesia sebagai perusahaan penerbit uang elektronik berbadan hukum yang menggantikan Tcash, Mandiri E-Cash, Yap (BNI), UnikQu (BNI), My QR (BRI), dan T-Bank (BRI). Link Aja, resmi dirilis pada 30 Juni 2019. Itulah hari di mana Tcash yang penuh kenangan untuk membeli tiket bioskop di masa lalu menjelma menjadi lebih besar dalam platform bernama LinkAja.