Harga Nokia 6 ini Amat Terjangkau di Indonesia

Harga Nokia 6

Harga Nokia 6 yang terjangkau dan murah di pasaran Indonesia menjadi angin segar bagi pecinta gadget jadul ini. Nokia telah kembali bahkan dengan segmen smartphone, meskipun dalam gaya baru: alih-alih memproduksi ponsel secara langsung, pabrikan itu melisensikan namanya secara eksklusif ke HMD Global, sebuah perusahaan Finlandia yang terdiri dari mantan staf Nokia. HMD Global akan menangani desain ponsel, dan perangkat itu sendiri akan dibangun oleh Foxconn.

Di bawah kemitraan baru, HMD Global meluncurkan tiga perangkat yang ditujukan untuk segmen menengah: Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6. Mari kita lihat salah satu produk itu, dengan harga Nokia 6 yang murah dengan spesifikasi sepadan, dan bisa dibilang merupakan penampilan terbaik Nokia di segmen menengah.

Keputusan HMD Global untuk fokus pada segmen menengah bukan tanpa prestasi. Lagipula, Lumia 520 entry-level mendominasi grafik penjualan Nokia selama beberapa tahun, dan fokus perusahaan pada pasar negara berkembang seperti Cina, Indonesia, dan India memungkinkannya untuk membangun basis pengguna yang loyal di ketiga negara tersebut. Itulah target audiens untuk Nokia 6: pelanggan yang biasa menggunakan Windows Phone dan telah berteriak-teriak untuk perangkat dengan desain ciri khas Nokia yang menjalankan Android. Nokia 6 memenuhi janji itu, tetapi perangkat ini bukannya tanpa kekurangannya.

Nokia memiliki sejarah bertingkat ketika datang ke desain, dan Nokia 6 melanjutkan tradisi itu. Desain unibody aluminium yang dikombinasikan dengan tepi chamfer membuat ponsel ini menjadi salah satu ponsel yang terlihat lebih baik di segmen ini. Pita antena tertutup dan terselip di bagian atas dan bawah telepon. Jika kamu menggunakan varian hitam, bagian itu  akan sulit terlihat. Sangat menyenangkan melihat Nokia mengejar segmen yang sama dengan yang diminati di pasar Windows Phone.

Nokia 6

Desain, secara keseluruhan adalah Nokia klasik, dan kualitas build yang lumayan. Konon, ponsel ini memiliki bezel besar di bagian atas dan bawah di bagian depan, menjadikannya lebih tinggi dan lebih luas daripada kebanyakan ponsel di segmen ini. Redmi Note 4, misalnya, juga memiliki layar 5,5 inci, tetapi tidak setinggi Nokia 6.

Ukuran tipis dikombinasikan dengan bagian belakang yang datar membuatnya tidak nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Tombol daya dan volume terletak di sebelah kanan, dan tidak seempuk tombol yang dapat kamu temukan di Redmi Note 4 atau Moto G5. Selain itu, tidak adanya tombol bertekstur untuk tombol daya membuat kamu akhirnya akan menekan tombol volume ketika mencoba untuk menghidupkan layar.

Untungnya, Nokia 6 memiliki jack 3,5 mm di bagian atas perangkat. Yang tidak begitu hebat adalah port Micro-USB di bagian bawah. Di bagian belakang, kamera horizontal mengingatkan pada hari-hari Lumia, dengan logo Nokia terpampang di tengah.

Sensor kamera sedikit menonjol, membuat ponsel bergetar ketika kamu menggunakannya sambil diletakkan di permukaan. Dan sementara Nokia 6 terbuat dari logam, ia memiliki lapisan matte yang membuatnya mudah untuk menggenggam perangkat, dan pelapisan juga melakukan pekerjaan yang baik untuk mencegah noda di bagian belakang.

Nokia 6 dilengkapi dengan tombol navigasi kapasitif, dengan tombol kembali terletak di sebelah kiri, tombol ikhtisar di sebelah kanan, dan tombol beranda di tengah. Sensor sidik jari ada, tetapi area permukaan terbatas. Ada banyak ruang kosong di bar bagian bawah.

Secara keseluruhan, Nokia 6 adalah salah satu ponsel paling tampan di segmen ini, dan seperti perangkat Nokia lama, itu sangat sulit. Ponsel ini dibangun untuk tahan lama, dan jika kamu mencari perangkat yang menghadirkan estetika desain Nokia klasik ke dunia Android, kamu tidak akan dikecewakan oleh Nokia 6.

Layar LCD 5,5 inci pada Nokia 6 adalah salah satu panel yang lebih baik dalam kategori ini. Sunlight sangat baik, dan tidak masalah membaca teks ketika di luar ruangan. Ponsel ini juga memiliki dua speaker depan, dengan lubang suara ganda sebagai speaker sekunder. Speaker kedua tentu meningkatkan pengalaman saat kamu menonton video, tetapi suara itu sendiri yang keluar dari speaker ganda tidak sekeras Redmi Note 4. Untuk spesifikasi lengkapnya, kamu dapat melihat di sini.