Kunci Dasar Gitar untuk Para Pemain Pemula!

kunci dasar gitar 1

Kunci dasar gitar adalah hal wajib yang harus diketahui untuk bermain gitar. Ya, alat musik yang populer ini yang dapat menghasilkan berbagai musik populer ini merupakan alat musik petik yang punya aturan tertentu saat memainkannya. Hal tersebut disebut dengan kunci nada.

Meski demikian, alat musik ini masuk ke segala jenis musik. Mulai dari musik pop, jazz, rock hingga jenis musik metal, keseluruhannya bisa dipelajari dengan menggunakan kunci dasar gitar pada mulanya.

Nah sudah penasaran apa saja kunci nada dasar untuk bermain gitar seperti pemain gitar pada umumnya? Yuk simak ulasan lengkapnya disini!

  1. Panduan dasar

Gitar pada dasarnya dilengkapi dengan 6 buah senar. Enam buah senar ini berurutan dari paling kecil hingga paling besar, dari bawah ke atas. Adapun kunci dasar gitar pada umumnya terdiri dari dua macam yakni kunci dasar minor dan mayor. Biasanya orang akan memainkan gitar di kunci C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor.

kunci dasar gitar

Dengan nada dasar gitar tersebut, kamu hanya perlu mempelajari kunci-kunci yang biasa dimainkan saat menggunakan gitar.

  • Menggunakan referensi tambahan

Dalam belajar gita, kamu diharuskan mencari atau membaca referensi tambahan. Hal ini untuk memperkaya pengetahuan tentang alat musik gitar dan fungsi dari setiap bagian alatnya. Tak hanya mengetahui tentang penjelasan gitar, kamu juga sangat dimungkinkan untuk langsung memainkan lagu dengan berdasarkan kunci dasar yang ada.

Dengan adanya internet seperti sekarang ini, referensi-referensi terkait alat musik gitar dan bagaimana memainkan kunci dasarnya sangat mudah ditemukan. Tak hanya membaca, kamu juga bisa praktik langsung ya!

  • Otot memori tangan

Pernahkah kamu mendengar otot memori tangan? Jika belum maka inilah saat yang tepat untuk mengetahui apa itu otot memori tangan. Ya, tiap otot yang ada pada tubuh manusia notabenenya memiliki kemampuan untuk merekam sesuatu. Kemampuan tersebut berasal dari pembiasaan yang terus menerus dilakukan.

Seperti halnya bermain gitar, otot tangan yang berfungsi untuk memetik kunci dasar, pelan-pelan akan mengalami pembiasaan dan akan membentuk memorinya sendiri. Hal inilah yang kemudian menjadikan para pemusik sudah tidak perlu melihat alat musiknya lagi saat tampil. Karena pada dasarnya mereka sudah terbiasa. Dan kamu pun pasti bisa!

  • Melatih kekuatan fret pada tangan

Dalam memainkan kunci dasar gitar, hal lain yang tak kalah penting adalah melatih kekuatan fret pada tangan. Kekuatan fret adalah kekuatan jari-jari tangan kita. Latihan rutin yang harus dilakukan untuk melatih kekuatan fret salah satunya adalah meremas jari-jari tangan kurang lebih selama 5 menit.

kunci dasar gitar 1

Latihan ini dimaksudkan agar jari tangan tidak mengalami kaku atau freeze saat berlatih kunci dasar gitar.

  • Mulai berlatih

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam mempelajari kunci dasar gitar adalah kamu harus mulai berlatih dari sekarang. Pada permulaan, kamu disarankan berlatih dengan menggunakan sebuah lagu sebagai acuan.

Lagu yang memiliki kunci dasar sederhana biasanya akan jadi pilihan para pemain gitar pemula. Jika sudah selesai dengan satu lagu, maka beralihnya ke lagu selanjutnya dan lama-lama kamu akan mahir tanpa perlu melihat lagi senar gitar untuk mencari kunci dasar.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memainkan dan mencari kunci dasar gitar?

Klik https://review.bukalapak.com/hobbies/kunci-dasar-gitar-66222 untuk info selengkapnya ya!