Home Food Sereal Kesehatan Terbaik, Inilah 4 Varian Oatmeal yang Wajib Kamu Tahu

Sereal Kesehatan Terbaik, Inilah 4 Varian Oatmeal yang Wajib Kamu Tahu

by Erin Nuzulia
oat 2

Oatmeal adalah satu satu makanan yang tidak boleh ketinggalan oleh beberapa orang yang melakukan diet. Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum. Kandungan karbohidrat komplek pada oatmeal ini cocok untuk orang yang menderita diabetes ataupun sedang melakukan diet. Selain itu, mengonsumsi oatmeal dapat mencegah penyakit kolestrol.

Oatmeal juga mengandung berbagai zat gizi yaitu serat, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, zat besi, folat, fosfor, kalium, mangan dan kalsium yang baik untuk tubuh. Konsumsi oatmeal ini juga bisa mencegah berbagai penyakit dan menstabilkan keadaan orang pada penyakit tertentu  mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung karena konsumsi oatmeal dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total di tubuh, menstabilkan gula darah orang yang menderita diabetes dan mengobati orang yang mempunyai masalah pencernaan.

Oat sendiri memiliki beberapa varian, berikut variannya.

Sereal Kesehatan Terbaik, Inilah 4 Varian Oatmeal yang Wajib Kamu Tahu

­­­Instan Oat

oat 1

Jenis oat yang satu ini mengalami pemrosesan yang lebih lama mulai dari pencincangan biji oat, pengepresan, pemasakan dan pengeringan. Oat ini mempunyai tekstur yang lebih halus dan tipis sehingga apabila disiram air panas akan lebih cepat menjadi bubur.  Jenis oat yang banyak diperjual belikan ini biasanya ditambahi dengan garam, gula, perisai serta fortifikasi beberapa vitamin dan mineral yaitu vitamin A, kalsium dan zat besi.

Quick Cooking Oat

Jika instan oat menggunakan kemasan merah, maka varian quick cooking oat ini menggunakan kemasan biru. Sama seperti instan oat, quick cooking oat ini juga telah melalui proses pengolahan sehingga hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk memasaknya.

Steel Cut Oat

oat 2

Varian oat yang dibuat dengan cara dipotong ini membutuhkan waktu paling lama saat proses pemasakan, hal tersebut dikarenan tekstur kenyal dan mempunyai bentuk asli oat setelah dimasak.

Baca Juga:  5 Warung Ayam Penyet Terbaik di Jakarta

Rolled Oat/Old Fashioned Oat

oat 3

Jenis oatmeal  yang berbentuk gepeng ini memerlukan waktu pemasakan yang lebih lama yaitu selama 10 menit saat dimasak dibandingkan dengan instant oat karena proses pembuatan rolled oat ini lebih pendek mulai dari pengupasan, pengukusan dan pemipihan. Selain faktor pembuatan, faktor yang membuat jenis oat ini lumayan lama ketika dimasak karena varian oat ini mempunyai tekstur yang masih memperlihatkan serpihan biji oat.

Dari 4 varian di atas menurut Pop Sugar, rolled oat dan steel cut mempunyai kandungan protein yang lebih tingi dibandingkan dengan instan oat dan quick cooking oat. Walaupun demikian, instan oat dan quick cooking oat mempunyai kadar indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan rolled oat dan steel cut oat sehingga kamu tidak akan cepat lapar apabila mengonsumsinya.

Kadar indeks glikemik yang rendah akan membantu memperlambat gula darah masuk ke dalam tubuh sehingga energi akan tersimpan cukup lama yang mengakibatkan kamu tidak akan mudah lapar.

Nah, setelah mengetahui berbagai varian oat, berikut beberapa merek oatmeal yang bisa kamu konsumsi sehari-hari :

  • Haverjoy

Produk oatmeal yang berasal dari Australia ini mempunyai berbagai produk mulai dari instan oat, rolled oat, quick cooking oat, dan rolled oat & barley flakes.

  • Quaker

Merek oatmeal yang paling hits di Indonesia adalah quaker. Merek ini merupakan merek pertama yang memperkenalkan sereal sarapan di seluruh dunia. Merek yang berasal dari Amerika Serikat ini mempunyai kualitas yang tidak diragukan lagi sehingga merek ini tak hanya populer di Indonesia namun juga seluruh dunia.

  • Glutenfreeda

Untuk kamu yang ingin melakukan diet bebas gluten, kamu bisa mengonsumsi glutenfreeda ini. Selain oatmeal, merek ini juga menjual berbagai macam jenis produk bebas gluten.

Baca Juga:  4 Pilihan Cara Membuat Salad Buah Sesuai Selera dan Kebutuhan

Nah, dari ulasan di atas, kamu yang sedang melakukan diet atau menjaga kesehatan tubuh tidak perlu pusing lagi kan memilih sereal yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More