Home Mom Wajib Tahu, Inilah 8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan!

Wajib Tahu, Inilah 8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan!

by Erin Nuzulia
kacang hijau

Jadi, umur berapa kalian sudah mengenali olahan kacang hijau? Sangat mungkin jika mengenali dan mengingatnya semasa kita berada di PAUD ataupun TK dahulu. Bubur kacang hijau disajikan sebagai makanan tambahan bagi anak-anak saat jam istirahat sekolah. Tentu sebuah kenangan yang belum bisa terlupakan hingga sekarang bukan?

Mung bean adalah nama lain dari kacang hijau, merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Bahan makanan ini umumnya dan banyak ditemui di negeri kita sendiri, atau bahkan di Tiongkok, India, dan juga Amerika Selatan.

kacang hijau

Ada banyak cara untuk menikmati kelezatan dari olahan mung bean ini.

Mulai dari yang umumnya banyak ditemui seperti dijadikan bubur kacang hijau, dibuat kue yakni sebagai isi onde onde, hingga ada pula yang hanya membuat sarinya saja, biasanya disebut dengan sari kacang-hijau.

Mau dibuat sebagai olahan makanan apapun, gizi atau nutrisi dari kacang-hijau tetaplah baik jika tidak dimasak hingga “overcook”.

Berbagai nutrisi penting di dalam kandungan kacang hijau yang baik untuk kesehatan tubuh.

Di lain hal, mung bean ini banyak dipilih untuk dikonsumsi karena mengandung anti oksidan yang tinggi, sumber protein nabati yang rendah lemak, serta kandungan serat yang tinggi.

Wajib Tahu, Inilah 8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan!

Adapun beberapa manfaat kacang-hijau untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yang pertama yakni sebagai penurun tekanan darah. Kacanghijau sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan juga kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Dengan begitu, bagi siapa saja yang rutin mengonsumsinya, dapat mengurasi risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Dapat Menjaga Berat Badan

Alasannya karena setelah dilakukan penelitian, biasanya orang akan lebih cepat merasa kenyang saat memakan bubur kacang hijau, hingga terjadilah penurunan nafsu makan yang lainnya.

Baca Juga:  Berbagai Ucapan Kelahiran yang Menarik Untuk Sahabat atau Kerabat

Memang kandungan serat serta protein yang tinggi inilah yang membuatnya cukup mengenyangkan untuk dimakan.

Hal ini bisa dilakukan untuk menjaga atau menurunkan berat badan Anda, agar lebih stabil dan juga tidak bertambah secara signifikan.

Bisa Melancarkan Pencernaan

Untuk masyarakat India, kacang hijau dipercaya bisa melancarkan nyeri pada perut. Dikarenakan ia memiliki kandungan serat makanan dan pati yang membantu memberikan nutrisi bagi bakteri baik yang ada di dalam pencernaan.

Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah, kacang-hijau juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terdapat asam lemak omega 3 dan 6, zat besi, antioksidan fitosterol yang tinggi hingga zat besi sehingga sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

kacang hijau

Mengurangi Adanya Jerawat

Percaya tidak jika dalam kandungannya juga dapat mengurangi jerawat?

Bila Anda memiliki masalah pada kulit seperti munculnya garis-garis halus, flek hitam, kering, kusam, bisa coba untuk konsumsi biji hijau ini ya.

Ya, karena adanya kandungan phytoestrogen pada kacang-hijau, berpengaruh untuk menunda proses penuaan. Hingga di China bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Bermanfaat untuk Menghindari Kelahiran Prematur

Biasanya ini akan menjadi anjuran untuk dikonsumsi bagi wanita hamil. Asam folat yang terdapat pada kacang hijau, sangat bermanfaat dan dapat melindungi bayi dari risiko kelahiran prematur dan gangguan syaraf lainnya.

Selain saat kehamilan, saat menyusui juga sangat dianjurkan untuk tetap mengonsumsi kacang-hijau. Untuk lebih jelasnya, baca selengkapnya di sini!

Mencegah Risiko Osteoporosis

Tingginya kandungan magnesium, sangat diperlukan untuk mencegah risiko tulang keropos atau yang disebut dengan osteoporosis.

Kandungan dari kacang-hijau akan menambah kepadatan mineral tulang yang sangat baik bagi lansia ataupun wanita pasca menopause.

Baca Juga:  Tidak Bikin Gatal di Tenggorokan, Berikut 5 Rekomendasi Terbaik Obat Batuk Anak

Menjaga Imunitas Tubuh

Karena tingginya protein nabati yang dimiliki, ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai protein hewani.

Seperti yang telah diketahui, protein akan sangat penting dalam membentuk sistem imunitas tubuh yang akan memperbaiki sel.

Itulah berbagai manfaat super dari biji ajaib berwarna hijau ini. Jangan lupa untuk mengonsumsinya ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More